Sabtu, 12 Februari 2011

perkembangan teknologi

Perkembangan Teknologi Digital



Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi. Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan.

Semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronika lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini terintegrasi satu dengan lainnya.

Di sisi lain, akibat perkembangan dari kemampuan teknologi, terjadi juga perubahan yang cukup dramatis di sisi perjalanan dan operasi bisnis, yang menghasilkan pelayanan-pelayanan baru, termasuk dalam hal pemanfaatan jaringan dunia tanpa batas.

Telepon, yang pada awal ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog, juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan, hingga setelah itu, mulai mengarah kepada teknologi digital.

Kemudian, teknologi digital yang mulai merambah ke berbagai rancangan teknologi yang diterapkan dan digunakan oleh manusia. Facsimile, adalah salah satu batu loncatan dari pemanfaatan jaringan telekomunikasi, yang mampu memberikan konstribusi dan pemikiran, bahwa datapun mampu untuk dilewatkan melalui media telepon tersebut.

Begitu juga dengan perkembangan komputer. Komputer pertama yang diperkenalkan adalah ENIAC II, diinstalasi dan digunakan pada tahun 1946, setelah perang dunia kedua. Komputer ini merupakan sebuah rangkaian elektronika lampu tabung seberat 20 ton. Perkembangannya juga cukup menakjubkan, baik dalam ukuran dan kemampuan kerjanya.

Kini, ukuran komputerpun, hanya dalam ukuran segenggam tangan. Dengan ukuran sedemikian, berbagai proses mampu diolahnya, tidak hanya untuk melakukan proses yang berhubungan dengan pengolahan perhitungan dan database, tetapi juga mampu dalam hal berkomunikasi dengan pengguna lainnya yang menggunakan perangkat yang tadinya masih merupakan pemisahan dari segi fungsi.

Protocol, merupakan salah satu yang memegang peranan kunci disini, sehingga berbagai perangkat dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Dengan adanya protocol ini, satu mesin dengan mesin lainnya dapat untuk saling berkomunikasi. Protocol merupakan suatu metoda yang mengakibatkan suatu alat dengan alat lainnya dapat saling berkomununikasi sehingga terjadilah percakapan sehingga akhirnya berjabat tangan (handshaking), dan dapat diibaratkan kesepakatan bahasa antar dua alat, yang mengakibatkan satu sama lainnya mengerti apa yang diperintahkan dan apa yang sedang diolah.

Suatu perangkat yang dihasilkan dari pabrik yang berbeda, sesuatu yang mungkin untuk ikut berperanan dalam menyemarakkan bidang teknologi informasi dan telekomunikasi ini, sebab dengan protocol yang sama, alat itupun bisa menggabungkan diri menjadi bagian dari berbagai perangkat yang ada. Begitu juga dengan bandwith, sebagai jalur data, compression, codes, dan bits, menjadi tulang punggung yang mendasar, terutama untuk perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi ini.

Dua bulan berselang setelah Neil Amstrong melangkah di bulan, terjadi suatu langkah yang besar di UCLA, sewaktu komputer pertama dikoneksikan ke ARPANET. ARPANET mengkoneksikan empat site, diantaranya UCLA, Stanford Research Institute (SRI), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Pada tahun 1977, terdapat lebih seratus mainframe dan komputer mini yang terkoneksi ke ARPANET yang sebagian besar masih berada di Universitas.

Dengan adanya fasilitas ini, memungkinkan dosen-dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi informasi satu dengan lainnya tanpa perlu meninggalkan komputer mereka. Saat ini, terdapat lebih dari 4.000.000 host internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara eksponensial, yang ukurannya kira-kira berlipat-ganda setiap tahunnya. Istilah Internet pada mulanya diciptakan oleh para pengembangnya karena mereka memerlukan kata yang dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet merupakan kumpulan orang dan komputer di dunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telepon, masing-masing pihak juga dapat berkomunikasi karena menggunakan bahasa yang umum dipakai.

Jadi apakah yang dimaksud dengan Internet ? Pertama, Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Kedua, Internet adalah seluruh manusia yang secara aktif berpartisipasi sehingga membuat Internet menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga. Apakah yang mebuat hal tersebut bisa bekerja? Semua adalah karena permainan listrik dan gelombang yang akhirnya diolah sedemikian rupa. Semua berasal dari analog maupun digital.

Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :
1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembanganteknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaraninformasi.
3. Muatan informasi ataucontent informasi, yang menjadi faktorpendorong utama implementasi teknologi informasi.
Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang pesat dari mulai ditemukannyatelegr aph (sistem komunikasi digital jarak jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga telepon seluler digunakan secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi Informasi bermunculan dengan cepat.
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.
Sekarang menurut kalian, produk TI apa yang sedang berkembang? berikut ini adalah beberapa produk dari perkembangan teknologi informasi yang saya ambil dari sini :
  • Sharp Galapagos Tablet Android 5 Inchi & 10.8 Inchi yang bisa jadi e-book reader
Sharp telah mengumumkan 2 produk tablet baru bernama Sharp Galapagos yang merupakan tablet Android yang memiliki keunggulan sebagai ebook reader juga dari layanan ebook berbasis Cloud dari Sharp yang juga bernama Galapagos. Tablet yang lebih kecil berukuran 5 Inci memiliki resolusi 1024 x 600px yang datang dalam warna hitam dan merah dengna trackball yang bisa digunakan untuk berganti halaman. Untuk versi 10.8 inci, mendukung resolusi 1366 x 800px (bandingkan dengan iPad yang memiliki ukuran 9.7 inci dan resolusi 1024×768px).
Kedua perangkat ini mendukung Wi-Fi dan bisa digunakan untuk surfing web, melihat dokumen PC, bermain game dan berbagi komentar serta rekomendasi mellui aplikasi “social app” yang sudah terinstall.
Toko ebook dari Sharp ini akan menyajikan kurang lebih 30.000 majalah, koran dan buku-buku yang akan tersedia dengan plan service/content saat diluncurkan Desember nanti di Jepang.
  • Layar & Aplikasi SpatialView menghadirkan 3D pada iPhone, iPod Touch dan Android
SpatialView, sebuah perusahaan yang mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak dan solusi perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk menonton film stereoscopic 3D dan gambar 3D tanpa kacamata pada perangkat  iPhone dan Android.

Aplikasi 3DeeCentral untuk iPhone akan muncul pertama sebelum versi Android. Aplikasi ini adalah portal ke toko film online di mana pengguna akan dapat men-download konten yang dirancang untuk bekerja bersama dengan SpatialView 3DeeSlide yang merupakan nama teknologi layar tambahan dengan lensa khusus dari SpatialView untuk menampilkan 3D yang bekerja dalam modus potret dan lansekap dan juga mendukung sentuhan.
Aplikasi iPhone telah disampaikan kepada Apple untuk persetujuan, dengan sebuah aplikasi Android dalam pengembangan juga.   Menurut Bisnis Insider, kesan sementara dari solusi Spatialview walau tidak menarik seperti menonton 3D pada layar yang lebih besar  namun menganggapnya “mengagumkan” dan merupakan perkembangan menarik untuk segmen smartphone.
Pada awalnya, toko online 3D ini mungkin dibatasi dengan konten terbatas saat peluncuran, namun berdasarkan masukan dan ketertarikan pengguna akan ditambahkan dari waktu ke waktu. Aplikasi dan layar/screen diharapkan akan sudah dipasarkan pada musim gugur 2010 ini. Layar iPhone ini diharapkan dijual dengan harga di bawah $ 20 dan akan bekerja pada iPhone 3G  dan 3GS. Layar untuk 4 iPhone, perangkat iPad dan Android juga akan tersedia setelah peluncuran awal.
  • Sony Walkman s750 PMP yang ultra slim
Sony menambah anggota baru keluarga Walkman yang dimilikinya yaitu  Sony Walkman S750 ultra ramping baru yang hanya berukuran tebal 7.2mm . Menggunakan casing aluminium, S750 ini memiliki tampilan metalik. Memiliki fitur Digital Noise Cancelling, Clear Bass, Clear Stereo dan teknologi DSEE dan dilengkapi dengan headphone EX di-telinga vertikal, untuk memberikan kualitas suara yang luar biasa. Akan dipasarkan di bulan Oktober, ada dua model yang tersedia, NWZ-S755 16GB dan 8GB NWZ-S754.

Walkman S750 mendukung MP3, WMA, AAC, PCM / WAC, AAC audio serta AVC (H.264/AVC) Baseline Profile, MPEG-4 dan file video WMV. MP3 Player ini memiliki layar QVGA LCD 2-inci dan memiliki radio FM dan perekam suara. Pemutar Walkman baru ini juga menawarkan teknologi SensMe yang menganalisis perpustakaan musik Anda, secara otomatis menciptakan serangkaian 10 saluran bertema; Lyrics Sync, Karaoke Mode, dan Mode Belajar Bahasa.
Sony S750 mendukung output TV melalui A opsional / kabel output V, memungkinkan pengguna untuk menikmati video pada layar dengan cerah resolusi 480 x 720px. Baterai built-in b menawarkan hingga 50 jam pemutaran musik dan 10 jam pemutaran video. Sony Walkman S750 beratnya hanya 55g dan datang dalam warna Hitam, Putih, Biru, Light Pink, dan Gold.
Beberapa produk diatas hanya sebagian kecil dari perkembangan di dunia teknologi informasi, atau bahkan mungkin saat ini ada produk lain yang segera diluncurkan dengan spesifikasi yang lebih tinggi.
Disatu sisi, teknologi memiliki peran memudahkan segala tugas dan bidang kehidupan manusia. Namun, jika dipakai secara berlebihan dan tidak pada porsinya akan membuat kelalaian pada diri.  Misal penggunaan media jejaring sosial yang berlebihan akan membuat diri lalai menikmatinya dibanding memikirkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Sehingga lebih tertarik menikmati produk yang ada dibanding menciptakan produk baru. Maka sudah selayaknya perkembangan teknologi harus disikapi dengan bijak. Bagaimanapun sebuah teknologi, tentu memiliki dampak, baik secara langsung ataupun tidak.
Penyikapan dengan tepat yang sesuai dengan kebutuhan akan menjadi cara yang bijak dalam menanggapi pesatnya teknologi informasi. Serta menjadikan teknologi tersebut sebagai media pendukung kreatifitas yang positif.

Viewsonic ViewPad 4 Smartphone Pertama dengan Android 2.4 Terbaru Hadir April 2011

Viewsonic telah secara eksklusif mengumumkan pada Pocket-lint produk terbarunya yaitu smartphone ViewPad 4  akan dilengkapi dengan sistem operasi Android 2.4 ketika diluncurkan pada bulan April 2011 nanti. Dan update ini akan menghasilkan sebuah OS yang memiliki kemampuan untuk bekerja dengan aplikasi Honeycomb.  Berita itu, selain mengkonfirmasikan tanggal rilis handset baru, menegaskan bahwa Android OS 2.4 akan keluar lebih awal dari yang kita perkiraan sebelumnya.

Menurut sumber kami, tanggal rilis versi 2.4 telah dibawa ke depan untuk memastikan bahwa dual-core aplikasi yang dirancang untuk Honeycomb (v3.0) akan bisa bekerja dengan perangkat single-core berjalan v2.4.
Android 2.4 masih akan disebut gingerbread, sebagai fitur baru hanya itu menambah akan kemampuan untuk mendukung aplikasi dual-core pada perangkat single-core.
“Kami baru saja mendapat kabar dari sumber yang terpercaya bahwa Google telah mulai membangun cabang baru kode – disebut GRI17 (Gingerbread pasca-Honeycomb, alias” Ice Cream “) – yang bertujuan untuk membawa beberapa elemen baru yang ditemukan di Android Honeycomb yang didesain khusus tablet ke ponsel. "
Namun, sekarang kita mengerti bahwa tidak akan ada Ice Cream utk versi 2.4. Sumber kami di Viewsonic mengatakan bahwa ia percaya Ice Cream merupakan nama versi 3.1,.
Update terbaru untuk ViewSonic Eropa menjadikan ViewPad sebagai salah satu handset multi-media pertama yang didukung oleh sistem operasi baru Google.
Selain os Android 2.4, Viewsonic ViewPad 4 akan mendukung flash 10,1, memiliki 720p HD video recording, playback, upload, dan mini-HDMI 720p output display. Ada kamera auto-focus 5-megapiksel, Bluetooth 2.1 dan 802.11 b / g / n konektivitas nirkabel. Anda juga akan mendapatkan layar 4,1 inci yang termasuk besar.

Kyocera Echo, Smartphone Android Berlayar Sentuh Ganda


Punya ponsel touchscreen dengan OS Android, rasanya belum cukup, bila Anda melirik ponsel android dengan dual touchscreen. Wow! ponsel keluaran Sprint ini namanya Kyocera Echo, satu-satunya ponsel dengan layar sentuh ganda berbasis Android 2.2. Ukuran ponsel ini sendiri sebenarnya 3.5 inchi dengan resolusi 800×48- WVGA, namun bila Anda membuka kedua layarnya, maka Anda akan mendapatkan display layar 4.7 inchi. Bahan dasar pembuatan bagian luarnya sendiri dibuat dengan bahan yang sama seperti Nintendo DSi.
Kedua layar ini saling terintegrasi satu sama lain, namun juga bisa bekerja sendiri-sendiri, kalau Anda lihat pada gambar di atas, di layar atas Echo menampilkan halaman Facebook, artinya sedang mengakses internet, sedangkan layar yang bagian bawah menampilkan foto galeri. Echo begitu sebutan ponsel ini, ditenagai oleh processor Qualcomm SnapDragon QSD8650 berkecepatan 1GHz, 512MB RAM dan sudah ada memori internal sebesar 1GB.
Fitur lain yang bisa Anda lirik dari ponsel ini yaitu kamera 5Mp dengan auto focus, flash dan kemampuan merekam video HD 720p. Untuk segi konektivitas, smartphone layar ganda ini bisa dikoneksikan dengan jaringan Wi-Fi, Bluetooth 2.1+EDR, CDMA EVDO 3G (koneksi 3G bisa disharing dengan 5 ponsel lain di sekitarnya). Selain itu juga sudah ditanamkan GPS, digital compass, serta slot kartu memori microSD yang mampu menampung memori hingga 32GB.
Saat ini Kyocera Echo sudah terintegrasi dengan layanan Google. Selain itu juga sudah terintegrasi pula dengan layanan VueQue (aplikasi yang memungkinkan pengguna menonton video Youtube dengan layar penuh sambil browsing, buffering video Youtube lainnya). Kabarnya smartphone berlayar sentuh ganda ini nantinya akan dipasarkan dengan bandrol 199.99 USD (sekitar 1,9 juta rupiah). Hmmm, serasa memiliki dua ponsel dalam satu genggaman saja ya, anda tertarik memiliki ponsel layar ganda ini?
Spesifikasi smartphone Kyocera Echo :
Network 800, 1900
CDMA Data 1xEV-DO rev.A
Dimension 4.53 x 2.22 x 0.68 (115.0 x 56.5 x 17.2 mm)
Weight 193 g
Display 480 x 800 pixels
Touchscreen Capacitive
Multi touch
Proximity sensor
Light sensor
Battery 1370 mAh
OS Android 2.2
Processor Qualcomm SnapDragon 1GHz
Memory 512 MB RAM (1GB memory internal)
microSD, microSDHC
Camera 5 Megapixel with Auto focus, Mirror, Flash
video HD capture 720p (1280×720)
Multimedia Music player, video playback, Youtube player
Internet HTML, Flash
LBS GPS
Connectivity Bluetooth 2.1 + EDR
Wi-Fi 802.11b/g
microUSB 2.0 (USB charging)
3.5 mm headphone jack




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar